Pages

Panduan dan Teknik bermain Badminton yang benar

Panduan dan Teknik bermain Badminton yang benar, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam bermain badminton seperti grip atau pegangan tangan pada raket badminton, dan posisi atau langkah kita saat memukul bola badminton

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

  1. Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam, yaitu:

    1. Pegangan forehand (pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirikan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.


    2. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.


    3. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
     
  2. Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk bisa memukul dengan posisi baik, seorang pemain harus memiliki kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur.
  3. Teknik Pukulan Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu:

    1. Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan.
      Macam-macam pukulan servis, yaitu:
      1. Pukulan servis pendek
      2. Pukulan servis panjang
      3. Pukulan servis mendatar
      4. Pukulan servis cambuk
    2. Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.
      Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
      1. Overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
      2. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.
    3. Dropshot/pukulan potong merupakan pukulan yang dilakukan seperti smash. Perbedaannya, kok dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. dropshot yang baik adalah apabila jatuhnya kok dekat bet dan tidak melewati garis ganda.
    4. Smash adalah pukulan overhead atau atas yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini merupakan pukulan menyerang
    5. Netting adalah pukulan yang dilakukan dekat net dan sangat halus. Pukulan netting yang baik adalah apabila kok dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.
    6. Underhand merupakan pukulan dari bawah. Siku harus dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tegak sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk. Pada saat memukul kok, gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan.

0 comments: