Pages

TIPS-TIPS BULUTANGKIS


Berikut ini adalah merupakan tips-tips dan hal-hal kecil yang kadang sering diabaikan oleh teman-teman. Walaupun terlihat sepele, tapi sebenarnya hal-hal kecil semacam ini akan sangat membantu dalam permainan kita.

1. Posisi siap.
Tips :
Setelah anda melakukan pukulan, jangan lalu hanya berdiri dengan santai. Jagalah raket anda tetap di atas, ini mungkin akan membuat lengan anda terasa sedikit lelah tapi anda akan dapat bereaksi dengan lebih cepat.

2. Defense.
Perhatikan posisi rendah, lutut ditekuk dan raket siap.

3. Offensive.
Pasangan berada pada posisi depan belakang (front and back position), karena mereka menyerang. Ketika bola terangkat mereka harus mengambil posisi bersisian (side by side position).

4. Menggunakan tangan bebas anda.
Hal baik lainnya yang bisa anda lakukan, anda dapat menggunakan tangan bebas anda untuk memperoleh keseimbangan dan memperkirakan ketinggian bola yang datang pada tubuh anda pada saat melakukan pukulan (pukulan overhead tentunya).

5. Sasaran smash.
Mengarahkan smash anda ke arah bawah pada garis samping (sidelines) atau tengah lapangan lawan juga merupakan salah satu strategi yang sangat baik.

6. Netting.
Latihlah pukulan netting anda dengan baik, sehingga anda lebih berani bermain di depan net dan memaksa lawan mengangkat bola. hal ini sangat penting untuk permainan menyerang team anda.

7. Mempertahankan posisi serang.
Jagalah pukulan anda tetap rendah untuk mempertahankan posisi menyerang anda.

8. Pergelangan tangan.
Hal penting yang perlu diingat dalam permainan bulutangkis adalah pergelangan tangan anda memainkan kunci penting dalam membuat pukulan tipuan.

9. Jump smash.
Loncatlah dan smash bola untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar dan sudut pukulan yang tajam. Hal ini membuat lawan anda hanya akan punya sedikit waktu untuk bereaksi.

TAKTIK DAN STRATEGI
Tidak ada cara yang sama untuk memainkan bulutangkis. Tiap tahun, juara-juara baru mengembangkan metode-metode baru mereka sendiri. Tapi bagaimanapun ada taktik umum yang dapat menguntungkan kebanyakan pemain, tidak perduli mereka menggunakan permainan ‘menyerang’ atau permainan ‘mempertahankan diri’.
Secara umum taktik tersebut adalah :
·         Selalu siap untuk mengganti permainan anda bila ternyata anda berada di pihak yang kalah karenanya.
·         Jangan merubah gaya permainan yang membuat anda menang.
·         Kembangkan naluri untuk mematikan lawan anda dalam waktu sesingkat mungkin.
·         Hindarkan bermain mengikuti gaya lawan anda, paksalah lawan anda memainkan gaya permainan anda.
·         Sadarkan diri bahwa anda berada dalam keadaan fit, ini memberikan kepercayaan pada diri anda bahwa lawan anda tidak dapat begitu saja mengalahkan anda.
·         Kembangkan kemampuan untuk selalu dapat berkonsentrasi dan berpikir selama anda memainkan suatu pertandingan.
·         Jadilah juara, baik dalam kekalahan maupun kemenangan.
Bab ini akan dibagi dalam dua bagian sehingga kita dapat berlatih pada kecepatannya masing-masing.

PHYSICAL CONDITIONING
KARAKTERISTIK PERMAINAN BULUTANGKIS
Lama pertandingan bulutangkis (nasional – internasional), acapkali TIDAK dapat ditentukan (diprediksi), artinya apakah pertandingan itu akan berlangsung lama atau cepat. Berdasarkan data Litbang PB. PBSI, rata-rata suatu pertandingan berlangsung antara 15 – 27 menit/setiap set. Ini berarti bahwa suatu pertandingan apabila berlansung rubber set, akan membutuhkan waktu antara 60 -90 menit.
Luas lapangan bulutangkis, relatif tidak begitu luas, yakni 7 x 6.10 meter, namun araea ini harus dijelajahi oleh atlet dengan gerakan-gerakan yang serba cepat dan sangat variatif frekwensi kegiatannya atau gerakan eksplosif.
Selama pertandingan, atlet harus melakukan konsentrasi penuh, antara lain untuk mengarahkan pukulan pada sasaran yang tepat (accuracy), serta senantiasa mampu mengontrol gerakannya dan menempatkan diri pada posisi yang tepat. Disamping setiap atlet harus secara konsisten mampu mengambil keputusan yang tepat, cepat kapan saat yang jitu untuk menggunakan berbagai teknik pukulan, taktik dan strategi bermain.
Semua bentuk gerak, seperti lari cepat, beraksi meloncat, menjangkau, split, bergerak ke samping (kanan, kiri), lari maju dan mundur, bergerak cepat dan sekonyong-konyong harus merubah arah gerak tanpa harus kehilangan keseimbangan adalah rangkaian gerakan dan kenyataan yang harus dilakukan, dengan cepat, eksplosif, terkoordinasi dengan irama gerak yang tetap sempurna, yang kesemua kegiatan gerak itu harus didukung olah aspek faktor kekuatan, power, dan daya tahan yang prima.
Faktor-faktor tersebut di atas, mengisyaratkan bahwa tidak ada alasan kuat, untuk tidak menjadikan Pelatihan Kondisi Fisik, sebagai ‘Program Penting’ dalam struktur Pelatihan bulutangkis.
MELATIH LANGKAH KAKI (FOOTWORK)
Dalam permainan bulutangkis salah satu unsur yang paling penting adalah langkah kaki (Footwork). Sebaik apapun smash Anda akan percuma jika tidak dibarengi langkah kaki yang bagus di lapangan. Langkah kaki (footwork) yang efektif dan efisien akan mempermudah Anda bergerak di lapangan, stamina dan tenaga yang diperlukan akan lebih kecil. Bayangkan jika Anda mondar-mandir lari setengah lapangan badminton yang berukuran 88x99m2 dan berusaha mengembalikan shuttlecock yang meluncur cepat, bisa kebayang dalam 15 menit pasti sudah ngos-ngosan.
Berikut adalah tips latihan langkah kaki (footwork) untuk permainan tunggal dengan menggunakan tangan kanan.
·         Mulai dari posisi tengah dengan gerakan dancing. Untuk mengembalikan shuttlecock dropshot backhand, langkah kecil kaki kiri kemudian diikuti langkah besar kaki kanan pada posisi backhand. Selesai mengembalikan shuttlecock,kembali ke posisi awal dengan langkah kaki kanan ke belakang diikuti langkah kaki kiri. Lutut agak ditekuk untuk mendapatkan kekuatan kaki. Jaga gerakan dancing sambil menunggu shuttlecock.
·         Untuk mengembalikan shuttlecock dropshot pada posisi forehand. Jaga gerakan dancing dimulai dengan langkah kecil kaki kiri dan diikuti langkah besar kaki kanan, usahakan lutut agak ditekuk untuk mendapatkan kekuatan kaki, setelah itu kembali ke posisi center (tengah lapangan) dengan langkah kaki kanan kemudian diikuti langkah kaki kecil.
·         Mengembalikan shuttlecock yang long (panjang) pada posisi backhand. Jaga gerakan dancing kemudian langkah kaki kanan ke sebelah kiri dengan posisi kaki kanan menyilang dan punggung menghadap ke net. Selesai mengembalikan shuttlecock kem bali ke posisi center dengan langkah kaki kanan ke posisi semula.
·         Jika shuttlecock jatuh pada posisi long di sebelah forehand, langkah kaki kanan sesuai dengan jarak yang bisa dijangkau kemudian kembali ke posisi center, sambil menunggu shuttlecock yang dikembalikan lawan.
·         Yang perlu diperhatikan adalah start point di lapangan yaitu center point atau tengah lapangan setiap mengembalikan shuttlecock yang dropshot atau belakang Anda berusaha untuk kembali lagi ke titik tersebut sambil menunggu shuttlecock dikembalikan lawan Anda. Usahakan gerakan dancing tetap terjaga supaya ada kecepatan awal bagi tubuh untuk bergerak.
Tips footwork di atas hanya sebagai referensi untuk melatih langkah kaki Anda karena gerakan tersebut cukup efisien tapi bukan mutlak. Kemungkinan Anda bisa menemukan gerakan yang lebih bagus dan efisien dengan cara Anda sendiri.
Intinya adalah lakukan langkah kaki (footwork) sesuai dengan irama permainan Anda, temukan sendiri langkah yang paling efektif dan efisien berdasarkan permainan karena postur tubuh tiap pemain adalah berbeda-beda seperti tinggi badan, bentuk tulang, dan keseimbangan badan juga beda. Bahkan ada pebulutangkis juara dunia yang memiliki langkah kaki yang tidak beraturan.
Just be yourself
Langkah kaki (Footwork) ini kelihatan gampang tapi untuk melatihnya kadang memerlukan waktu yang lama.
MELAKUKAN SMASH
Beberapa Tips saat melakukan Smash:
  1. Jangan gunakan tenaga yang banyak dulu, konsentrasikan dulu pemakaian tenaga pergelangan tangan.
  2. Percepat gerakan memukul kok dengan memakai tenaga dari pergelangan tangan.
  3. Pembangkitan tenaga saat melakukan smash harus cepat/seketika dan fokuskan perpindahan tenaga dari kepala raket ke kok.
  4. Jangan gunakan tenaga yang banyak sebelum tekniknya benar.
Beberapa tips untuk melakukan smash yang kuat (powerful smash):
  1. Kontak point harus tinggi dan juga berada di depan badan si pemain.
  2. Pada saat memukul kok, pergelangan tangan memukul dengan cepat ke arah bawah dan ke arah dalam, kepala raket mengenai kok langsung pada posisi tegak lurus terhadap kok.
  3. Saat memukul kok, kita harus mempercepat pergelangan tangan dan pemakaian tenaga mesti fokus, jari-jari memegang grip dengan cukup ketat untuk menambah “ledakan” dan mempercepat laju kepala raket.
Posisi pegangan raket (grip) saat melakukan pukulan smash:
  1. Pegangan raket (grip) mesti rileks dulu sebab dengan begitu kita baru bisa memakai tenaga pergelangan tangan secara keras ke bawah.
  2. Pegangan grip yang sesuai dengan style masing-masing pemain.
  3. Pegang ujung raket terlalu keras sebab saat smash gerakan akan menjadi kaku.
  4. Kesimpulannya, sebelum smash pegangan grip mesti rileks, per-erat jari-jari tangan hanya pada saat pemukulan kok saja.

0 comments: